Tour de Borobudur di Mulai Peserta akan Tempuh 265 KM

Populer Berita – Tour de Borobudur di Mulai, Peserta akan Tempuh 265 KM, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali memimpin kegiatan pesta bersepeda yang terbesar di Jawa Tengah. Samba Tour de Borobudur 2019.

Mengawali start di Kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (2/11) Ganjar dan 500 pesepeda lain terlihat antusias bersiap untuk menaklukan rute sepanjang 265 Km
Dalam sambutannya, Ganjar berharap Tour de Borobudur, tak hanya menjadi ajang olahraga namun juga turut membangkitkan nilai pariwisata nusantara.

Tour de Borobudur di Mulai, Peserta akan Tempuh 265 KM

Mengawali start hari ini sengaja Kota Lama yang dipilih dikarenakan cocok untuk pusat pariwisata. Harapannya para pesepeda setelah kegiatan ini akan berkunjung ke sini.” kata Ganjar sebelum race dimulai.

Acara Tour de Borobudur 2019 akan dibagi menjadi dua kategori yang berbeda. Yakni Kategori 200 Km yang diikuti 500 peserta dan Kategori 100 Km yang diikuti 1700 peserta.

Bagi para bikers kategori 200 Km melintasi rute menuju alun-alun Kabupaten Demak kemudian Api Abadi Mrapen, lalu ke Balai Kota Salatiga dan berakhir di De Tjolomadoe Karanganyar.

Untuk hari Kedua, para peserta pesepeda akan melakukan start dari De Tjolomadue, bersama 1.700 pesepeda kategori 100 Km menuju ke Candi Prambanan dan finish di candi Borobudur Magelang.

Tour de Borobudur di Mulai Peserta akan Tempuh 265 KM

Koordinator Acara Tour de Borobudur 2019, Hendra Dharmanto mengatakan dalam event yang digagas Semarang Bicycle Association (Samba) itu juga mengkampanyekan go green tanpa sampah plastik.

“Panitia telah menyediakan spot pengambilan minum (water station) di setiap pemberhentian. Snack juga kita bebas kemasan plastik. Kita nanti banyak membuat water station. Jadi konsep go grennya kena, bebas sampah sembari menikmati alam Jawa Tengah,” jelas Hendra.

Selain itu, kegiatan ini juga didukung Forkompinda daerah yang dilintasi para peserta. Selama race para peserta juga mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

Kepala Biro Operasi Polda Jateng, Kombes Pol Haryanto, melalui Kepala Bagian Pembinaan Operasional Biro Operasi Polda Jateng, AKBP Artanto, mengatakan ada beberapa titik wilayah yang menjadi fokus untuk mendapat pengamanan ekstra.

“Ada beberapa titik yang menjadi fokus kami, terutama di etape wilayah Demak dan Grobogan. Karena di situ akan ada perlombaan bagi peserta TDB 2019. Selain itu, kami juga fokus pada start dan finish nantinya,” kata Artanto disela-sela rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons