Faktor Rambut Beruban di Usia Muda

Populer Berita – Faktor Rambut Beruban, Tidak hanya pada orang lanjut usia, rambut beruban juga bisa terjadi pada usia muda. Rambut uban adalah kondisi ketika folikel rambut menghasilkan lebih sedikit melanin atau pigmen pemberi warna alami. Hal ini lah yang akhirnya membuat rambut memutih.

Meski umum terjadi pada lansia, namun menurunnya fungsi folikel rambut itu bisa pula terjadi pada usia muda. Tak sedikit remaja atau dewasa awal yang sudah menemukan helaian rambut putih di kepalanya.

Berikut adalah beberapa faktor yang memicu rambut putih di usia muda.

Faktor rambut beruban

– Genetik
Faktor genetik memengaruhi banyak hal di dalam tubuh kita, termasuk soal penuaan. Berdasarkan studi yang dilakukan University College London, Inggris, pada 2016, rambut beruban tak hanya dipengaruhi oleh lingkungan, namun juga oleh faktor genetik.

Studi ini menganalisis lebih dari 6 ribu orang dengan beragam keturunan di seluruh Amerika Latin untuk mengidentifikasi gen baru yang terkait dengan warna rambut, uban, dan kepadatan rambut.

Yang Perlu Diketahui Mengenai Faktor Rambut Beruban

– Kondisi kesehatan tertentu
Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab rambut memutih, salah satunya Merupakan penyakit autoimunn yang menyerang kulit. Penyakit ini disebut alopecia areata.

Orang-orang dengan kondisi ini akan memiliki bercak-bercak kecil di kulit kepala dan mengalami kerontokan rambut.

“Ketika tumbuh kembali, yang tumbuh adalah rambut putih,” ungkap ahli dermatologi di New York University Langone Medical Center, Doris Day.

– Polusi udara
Polusi udara juga bisa jadi salah satu faktor pemicu munculnya rambut uban pada usia muda. Radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat memberi dampak buruk bagi tubuh.

Salah satu dampaknya adalah merusak produksi melanin dan mempercepat penuaan rambut, yang menyebabkan rambut tumbuh berwarna putih.

– Terlalu stres
Stres berlebih dapat mempercepat proses penuaan, termasuk memunculkan uban sebelum waktunya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh New York University pada 2013 juga telah membuktikan adanya hubungan antara stres dan menipisnya folikel rambut pada tikus.

– Asap rokok
Paparan asap rokok tak hanya bisa menyebabkan gangguan pernapasan, namun juga memengaruhi warna rambut.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Indian Dermatology Online Journal pada 2013 menunjukkan bahwa perokok memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk beruban di usia muda. Hal ini disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang terkandung pada asap rokok.

– Perubahan hormon
Hormon juga disebut dapat memengaruhi rambut uban pada usia muda. Pasalnya, berkat hormon, rambut bisa mengalami perubahan dari waktu ke waktu baik itu dari aspek tekstur, kepadatan, hingga warna. “Proses ini mulai terlihat ketika Anda berusia 30 tahun,” jelas Day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons