Jenis Modifikasi Mobil yang Mengundang Masalah

Populer Berita – Jenis Modifikasi Mobil, Tidak sedikit pengguna mobil pribadi melakukan modifikasi guna meningkatkan penampilan kendaraan ketika dipakai sehari-hari. Sentuhan modifikasi juga umumnya membuat pemiliknya merasa lebih percaya diri.

Namun dalam memodifikasi mobil tidak boleh sembarang. Pada area tertentu yang diubah dikhawatirkan menurunkan performa mobil saat digunakan untuk keseharian. Berikut daftar modifikasi mobil yang rentan mengundang masalah.

Ganti Pelek dan Ban

Jenis Modifikasi Mobil

Mengganti pelek dan ban merupakan cara paling mudah untuk mengubah tampilan mobil. Biasanya pengguna mobil suka mengganti pelek dan ban dengan ukuran yang lebih besar.

Namun ubahan ini justru bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara, serta membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Cara paling benar, idealnya pelek naik 2 inci saja dari standar bawaan pabrik.

Mobil Ceper

Pemilik mobil suka bereksperimen untuk menurunkan bodi mobil menjadi ceper atau rendah. Biasanya modifikasi ini ada pada kaki kaki dengan memotong beberapa ulir pada per standar sehingga ground clearance turun.

Tapi modifikasi ini sangat tidak dianjurkan untuk pengguna harian. Modifikasi ini membuat kapasitas angkut mobil lebih terbatas, selain itu usia pakai komponen menjadi lebih cepat.

Macam-macam Jenis Modifikasi Mobil

Ganti Kaca Film

Jenis Modifikasi Mobil Kaca film memang baik dan menjadi kebutuhan pengguna mobil. Dengan kaca film kita bisa menahan teriknya matahari dan risiko sinar ultraviolet jika langsung mengarah ke mata dan kulit. Tapi saat memilih kaca film jangan terlalu gelap karena dapat mempengaruhi visibilitas ketika berkendara di malam hari.

Ganti Lampu LED

Jenis Modifikasi Mobil

Modifikasi lampu LED tidak bisa sembarangan, ada syarat agar aman digunakan dan sinarnya tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Penggunaan lampu LED harus melihat intensitas sinar yang dikeluarkan bila terlalu besar kelvinnya akan membuat sinar yang dihasilkan terlalu terang dan bisa mencelakakan pengendara dari arah berlawanan.

Upgrade Audio

Meningkatkan kapasitas audio serta perangkat elektronik lainnya berkaitan erat dengan sistem kelistrikan. Apabila tidak diseimbangi dengan penambahan daya maka cukup berisiko dan potensi korsleting. Apalagi kalau proses instalasinya sembarangan yang menimbulkan korsleting.

Karpet Mobil

Jenis Modifikasi Mobil Penambahan karpet akan membuat dimensi dek bawah mobil menjadi lebih naik dari biasanya. Bila anda tidak berhati-hati nantinya akan mengganggu kerja dari pedal gas, kopling dan rem. Cukup bahaya bila gerak pedal-pedal tertahan karpet yang tidak standar.

Pedal Metal

Aksesoris untuk pedal berbahan metal dipercaya mampu mengentalkan kesan sporty pada interior mobil. Tapi material pedal memiliki sifat lebih licin dari karet.

Body Kit untuk Bumper

Body kit di bumper juga sering kali lebih berat dari bumper asli yang menambah beban saat berkendara. Pemasangan yang tidak benar juga bisa mengganggu kerja sensor pada airbag.

Perlu dipahami juga bahwa garansi mobil akan gugur bila ditemukan penyebab kerusakan komponen mobil akibat melakukan modifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons