Kimi Hime Batal Datang ke Kominfo

Populerberita – YouTubers Kimberly Khoe alias Kimi Hime batal datang ke Kementerian Komunikasi dan Informatika atau disingkat Kemenkominfo pada hari ini Senin 29 Juli 2019. Namun tim kuasa hukum dan pihak Kominfo telah menjadwalkan pertemuan langsung Kimi Hime dengan Menkominfo Rudiantara.

Plt. Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu mengungkap hal tersebut dikemukakan oleh kuasa hukum Irfan Akhyari.

“Kami sampaikan Kimi memang belum hadir kesempatan pertama tapi sudah disampaikan akan hadir minggu ini. Sudah disepakati minggu ini, bahkan akan bertemu langsung dengan Rudiantara,” ungkap Nando.

Irfan mengatakan bahwa saat ini Kimi Hime berhalangan datang karena memiliki kesibukan sebagai seorang pembuat konten. Ia berjanji akan menghadirkan Kimi Hime untuk bertemu dengan Rudiantara.

Kimi Hime Batal Mendatangi Kominfo

“Kami berjanji dengan Kemenkominfo akan hadirkan Kimi untuk pertemuan dengan Rudiantara minggu ini. Kami koordinasi dengan Kimi terkait kesediaan waktu dan disikronkan dengan Pak Menteri,” kata Irfan.

yotuber

Selain terkait pertemuan tim dari kuasa hukum Kimi Hime dan Kominfo telah menyepakati terkait aturan dalam UU ITE.

Tim kuasa hukum Kimi Hime meminta agar definisi kesusilaan hingga konten yang dilarang dan diperbolehkan tertuang dalam sebuah aturan.

Nando ini mengatakan dalam waktu yang dekat Kemenkominfo akam merevisi Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2014, Tanggal 17 Juli 2014, tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif. Revisi tersebut akan mengatur aturan konten yang boleh dan yang tidak boleh diunggah.

“Kemenkominfo disarankan membuat pedoman regulasi atau permen terkait menerjemahkan frasa dalam UU ITE. Melanggar kesusilaan seperti apa. Kami sepakat soal itu. Kebetulan kami revisi Permen No. 19, ” kata Nando, Senin (29/7).

Irfan mengatakan aturan yang memperjelas aturan konten akan dijadikan patokan para pembuat konten (content creator) untuk mengunggah konten konten positif.

Irfan mengatakan definisi kesusilaan pada pasal 27 ayat 1 UU ITE sangat luas. Ia khawatir akan terjadi multitafsir terkait aturan tersebut. Irfan juga mengatakan aturan juga harus mengatur aplikasi agar bisa menjaga konten positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons