Fakta MotoGP Belanda dan Sejarahnya

Populer Berita – Fakta MotoGP Belanda, MotoGP Belanda jadi salah satu balapan bersejarah di seri Grand Prix. Dijuluki The University of Two Wheels, berikut data dan fakta balapan di Sirkuit Assen.

MotoGP Belanda digelar masih di bawah bayang-bayang kecelakaan beruntun yang terjadi di Catalunya, dua pekan lalu. Crash di lap kedua yang melibatkan beberapa rider papan atas itu sangat menguntungkan Marc Marquez dalam persaingan jadi juara dunia.

Marquez menuju Sirkuit Assen dengan keunggulan 37 poin atas Andrea Dovizioso di posisi dua. Mempertimbangkan balapan baru berjalan tujuh seri, itu merupakan selisih poin yang lebar.

Berikut data dan Fakta MotoGP Belanda dikutip dari GPOne dan Opta:

Pembalap MotoGP

– MotoGP Belanda 2019 merupakan edisi ke-72 seri Grand Prix digelar di Belanda. Belanda merupakan satu-satunya balapan yang masih jadi tuan rumah sejak kali pertama race GP digelar pada 1949.

– Grand Prix pertama di Belanda digelar di jalan raya. Pada tahun 1955 dibangun sirkuit, yang dikenal dengan Dutch TT. Karena layout lintasan yang punya banyak variasi, trek ini kemudian dapat julukan ‘The Cathedral’ dan juga ‘The University of Two Wheels’.

– Pada tahun 2006, panjang lintasan dipangkas dari yang sebelumnya 7.705 meter menjadi 4.555 meter.

– MotoGP Belanda awalnya digelar hari Sabtu. Namun tradisi ini berubah pada 2016, di mana race dilangsungkan sama seperti seri lain pada hari minggu.

– Ducati masih memegang rekor top speed Assen saat Andrea Iannone mampu melesat 319,8 km/jam pada tahun 2015.

– Namun begitu, sudah 10 tahun lebih Ducati tak pernah lagi jadi juara di Belanda. Casey Stoner (2008) menjadi rider terakhir Ducati yang finis di podium teratas.

Marc Marquez

– Marc Marquez selalu naik podium pada enam balapan terakhir di Belanda. Itu termasuk dua kemenangan yang dia raih pada 2014 dan 2018.

– Tidak ada pebalap yang memenangi GP Belanda sebanyak Valentino Rossi pada kelas MotoGP dan 500cc. Total delapan kemenangan diraih Rossi, yang pertama pada 2002 dan terakhir pada 2017. Assen menjadi lintasan yang paling banyak dimenangi Rossi.

– Setelah kemenangan di MotoGP Belanda pada 2017, Rossi belum pernah lagi jadi juara.

– Pada 13 balapan terakhir di MotoGP Belanda, tidak pernah ada pebalap yang berhasil mempertahankan kemenangannya. Rider terakhir yang dua kali beruntun menang di Assen adalah Valentino Rossi pada 2004 dn 2005.

– Menuju balapan di Assen, Marc Marquez tercatat memimpin balapan di 111 lap MotoGP musim ini. Jumlah tersebut 56 lap lebih banyak dibanding seluruh rider lain jika dijumlahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons