Amerika Tuduh Iran Atas Serangan Kapal Teluk Oman

Populer Berita – Amerika Tuduh Iran, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menuduh Iran berada di balik serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman. Dia akan membawa kasus tersebut ke Dewan Keamanan PBB.

“Ini adalah penilaian AS bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan tersebut,” ujar Pompeo kepada wartawan.

Pompeo tak sembarangan menyebut Iran ada di balik serangan tersebut. Tuduhan itu dilontarkannya berdasarkan informasi intelijen, senjata yang digunakan, serta tingkat keahlian untuk melaksanakan operasi.

“Selain itu, fakta bahwa tidak ada kelompok proksi yang beroperasi di daerah tersebut yang memiliki sumber daya atau kemampuan untuk bertindak dengan sedemikian canggih,” jelas Pompeo menambahkan.

Pompeo mengatakan bahwa sebelumnya, Iran ‘berjanji’ akan mengganggu pengiriman minyak dari Selat Hormuz. “Sekarang (Iran) melaksanakan janji itu,” katanya.

Sebagai respons atas insiden tersebut, Pompeo memerintah utusan AS untuk PBB, Jonathan Cohen, untuk menyampaikan dugaan serangan dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Kamis waktu setempat.

Amerika Tuduh Iran dan Harus Bertanggung Jawab

Insiden yang menyebabkan terbakarnya dua tanker di lepas pantai selatan Iran itu, lanjut Pompeo, merupakan bagian dari serangkaian serangan yang dihasut oleh Teheran.

Pompeo bahkan menyebut insiden tersebut sebagai serangan tak beralasan. Dia juga mengatakan bahwa serangan menjadi ancaman nyata bagi keamanan dunia internasional.

Pompeo menduga, serangan tersebut dilancarkan Iran atas respons terhadap sanksi-sanksi yang diberikan AS dan dunia internasional. “Tapi mereka (Iran) tak punya hak untuk menyerang warga sipil tak berdosa,” katanya.

Amerika Tuduh Iran sebuah serangan menyasar dua buah kapal tanker di Teluk Oman pada hari Kamis (13/6). Dua kapal tanker yang terkena serangan adalah milik perusahaan Jepang dan Norwegia.

Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif sebelumnya mengatakan bahwa insiden serangan dua kapal tanker itu sangat mencurigakan. Pasalnya, serangan terjadi bersamaan dengan pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

“Serangan yang dilaporkan terjadi saat PM Shinzo Abe bertemu dengan Ayatollah Ali Khamenei untuk perbincangan yang ramah,” ujar Zarif dalam salah satu cuitannya, mengutip Reuters.

Eskalasi ketegangan antara kedua negara terus menajam sejak AS menarik diri dari kesepakatan nuklir pada 2018 lalu. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif sebelumnya mengatakan bahwa insiden serangan dua kapal tanker itu sangat mencurigakan. Pasalnya, serangan terjadi bersamaan dengan pertemuan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

“Serangan yang dilaporkan terjadi saat PM Shinzo Abe bertemu dengan Ayatollah Ali Khamenei untuk perbincangan yang ramah,” ujar Zarif dalam salah satu cuitannya, mengutip Reuters.

Eskalasi ketegangan antara kedua negara terus menajam sejak AS menarik diri dari kesepakatan nuklir pada 2018 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons