Mode Gelap Disematkan di Android Q

Populer Berita – Google dikabarkan bakal menyematkan mode gelap untuk sistem operasi Android Q yang belum dirilis secara resmi.  Dark mode disebut bakal diimplementasikan pada sejumlah layanan.

Dikabarkan akan ada tujuh aplikasi yang tersedia dari Google dan pengembang pihak ketiga yang terlihat cukup bagus saat diaktifkannya mode tersebut. Aplikasi yang pertama yaitu Android Messages, untuk mengaktifkan pengguna hanya perlu mengetuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas aplikasi lalu aktifkan.

Kedua aplikasi Feedly. Pengguna diharuskan membuka panel samping yang ada di aplikasi lalu pilih Pengaturan>Tema>Mode Gelap. Pilihan mode gelap ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang menghabiskan banyak waktu. Untuk membaca berbagai berita dan artikel yang ada di aplikasi Feedly.

Pengembangan Mode Gelap di Android Q

Ketiga Facebook Messenger. Sebelumnya Facebook telah menguji coba Dark Mode ini yang mengharuskan pengguna mengirim emoji bulan sabit di dalam percakapan. Namun saat ini pengaturan menu gelap di Facebook Messenger dapat diaktifkan melalui Pengaturan pada ponsel pengguna.

Keempat aplikasi podcast populer PocketCasts juga memiliki mode gelap. Jika pengguna ingin mengaktifkan mode gelap pada PocketCasts, pengguna diharuskan masuk ke tab Profil lalu ketuk ikon Pengaturan yang ada di sudut kanan atas. Selanjutnya, ketuk Apperence>Theme lalu pilih Gelap atau Ekstra Gelap.

Aplikasi Google Maps tak abai dari kemunculan fitur baru. Meskipun Google Maps tidak disematkan mode gelap khusus namun sebagai gantinya Google terdapat mode malam yang digunakan selama melakukan navigasi pada malam hari.

Keenam Reddit masuk dalam jajaran aplikasi yang dapat diaktifkan menu gelap. Namun pengguna juga dapat membiarkan aplikasi untuk memutuskan kapan layar menjadi gelap berdasarkan waktu atau setiap kali ponsel pengguna diubah ke mode penghemat baterai.

Terakhir Youtube yang bisa diaktifkan dengan cara mengetuk ikon profil>pengaturan>umum>tema gelap.

Selain mode gelap saat ini Android Pie juga menawarkan pilihan matikan lokasi untuk sejumlah aplikasi yang sedang tidak diaktifkan sepenuhnya.

Google juga sempat meluncurkan beberapa fitur utama pada Android Pie 9.0 pada Mei tahun lalu. Oleh sebab itu, para pengguna Android berharap dapat mendengar lebih banyak fitur terbaru di Android Q yang akan dirilis secara resmi pada bulan Agustus mendatang setelah melakukan serangkaian uji coba.

Kabar kemunculan fitur Google Q muncul sehari jelang pesta pengembang Google I/O pada Selasa (7/5) di Mountain View, California, AS. Pesta konferensi tahunan Google I/O merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk memperkenalkan sejumlah inovasi terbaru mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons