Debat Keempat Pilpres 2019 Jokowi dan Prabowo

Populerberita.com – Debat keempat Pilpres 2019 yang mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) versus Prabowo Subianto berlangsung dinamis. Diawali tawa, keduanya berdebat panas membahas alutsista.

Jokowi dan Prabowo berdebat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Di awal debat, keduanya bersalaman, bisik-bisik, hingga tertawa lepas. Entah apa yang mereka bahas, namun keduanya tampak semringah sebelum debat berjalan.

Adu argumen Jokowi dan Prabowo diawali dengan pemaparan visi misi dari keduanya. Setelah beberapa segmen debat masuk ke tema pertahanan dan keamanan. Di sesi ini, mereka terlibat adu argumen panas.

Semua berawal saat Prabowo menyebut di TNI ada budaya ‘ABS’ atau ‘asal bapak senang’. Sebab, Prabowo menilai laporan yang diterima Jokowi dari bawahannya tidak sesuai dengan kenyataan.

Debat Keempat Pilpres Yang Saling Serang

Namun Jokowi mengaku melihat langsung bagaimana pembangunan armada 3 yang diperintahkannya berlangsung. Kekuatan pertahanan TNI, disebut Jokowi, mampu mendeteksi serangan dari berbagai bidang.

“Saya melihat Pak Prabowo tidak percaya pada TNI kita,” sebut Jokowi di atas panggung debat.

Jokowi menyatakan itu untuk menanggapi Prabowo, yang sebelumnya menyebut di TNI ada budaya ‘ABS’ atau ‘asal bapak senang’. Sebab, Prabowo menilai laporan yang diterima Jokowi dari bawahannya tidak sesuai dengan kenyataan.

“Karena, misalnya, yang seperti tadi saya ceritakan di Natuna saya lihat sendiri kok dibangun-dibangun di sana, di Sorong juga sudah mulai dibangun saya cek,” ujar Jokowi.

Namun Jokowi mengaku melihat langsung bagaimana pembangunan Armada 3 yang diperintahkannya berlangsung. Kekuatan pertahanan TNI, disebut Jokowi, mampu mendeteksi serangan dari berbagai bidang.

“Saya yang sipil, saya sangat percaya pada TNI yang kita miliki karena misalnya saya di Natuna, saya lihat sendiri dibangun, saya cek di Sorong, ada barangnya,” kata Jokowi.

Topik pembicaraan pun berganti mengenai hubungan internasional. Prabowo, yang awalnya mengkritik diplomasi ‘nice guy’, kemudian menjelaskan bahwa dia lebih TNI dari banyak TNI.

“Pak Jokowi, tolong penasihat militernya. Bukan saya tidak percaya sama TNI. Kapal selam berapa yang kita miliki, jenisnya berapa, kemampuannya berapa, pesawat berapa, kita negara seluas Eropa berapa, sky drone fighter kita punya peluru kendalinya berapa Pak. Diplomasi kalau hanya senyum-senyum menjadi nice guy ya… Begitu-begitu saja, Pak,”

“Kalau ada armada asing masuk ke laut kita, apa yang kita bisa buat? Jadi bukan saya tidak percaya… saya ini TNI Pak, saya pertaruhkan nyawa di TNI, saya lebih TNI dari banyak TNI,” jelas eks Danjen Kopassus ini.

Meski panas di tema alutsista, Jokowi dan Prabowo kembali hangat menjelang penutup debat. Di sesi closing statement, keduanya sama-sama menyatakan bersahabat. Tawa juga terpancar dari Jokowi dan Prabowo di akhir debat. Debat keempat Pilpres 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons