Gua Kristal Kupang, Mitos dan Asal Muasalnya

Populerberita.com – Ayo bertualang ke Gua Kristal Kupang dengan sejumlah mitos menarik. Ini kisahnya menurut penuturan warga lokal yang berada di daerah sekitar Gua yang terletak di Kupang.

Sebelum nama Gua Kristal mencuat di kalangan turis mancanegara, penduduk setempat menyebut Gua Kristal sebagai Gua Amnesi.

Pada saat di temui yakni salah satu penjaga gua bernama Yan menuturkan kisah tersebut.

“Gua Amnesi, diambil dari nama fam seorang nenek yang bernama Amnesi,” ujar Yan.

Gua Kristal Kupang yang Banyak Diminati Turis Mancanegara

Yan menjelaskan, kalau dahulu ada seorang nenek dengan nama belakang Amnesi yang menemukan gua tersebut. Kisah lain, dahulu gua itu juga sempat dipakai oleh penjajah Jepang untuk menyimpan senjata.

“Dulu Jepang di sini mereka perang. Barang-barang simpan sini,” ujar Yan.

Hanya saja, nama tersebut kalah dengan Gua Kristal yang dipopulerkan oleh turis asing di media sosial. Hal itu diungkapkan oleh penjaga gua lain bernama Eri Rizky atau yang akrab disapa Eren.

“Waktu 2009 baru terkenal, dari luar negeri datang sebarkan sosmed lalu ramai,” terang Eren.

Kehadiran Yan dan Eren pun tak terlepas dari sejumlah kejadian yang dialami wisatawan di Gua Kristal. Karena kondisi gua yang licin, sempat terjadi kejadian turis terpeleset. Menghindari hal itu, sejumlah penjaga pun disiagakan.

“Pernah ada terpeleset, karena di dalam gelap ketahuannya belakangan. Mungkin karena excited dorong-dorongan lalu terpeleset. Sejak itu ada penjaga,” ujar Eren.

Kisah menarik lain seputar Gua Kristal juga dituturkan oleh sang pemilik lahan bernama Christofer Neno atau disebut Chris. Mewarisi lahan tersebut dari keluarganya, dahulu gua tersebut hanya jadi sumber mata air saat berkebun. Tak lebih.

“Ceritanya tahu sendiri nenek moyang kami. Gak tahu masa depan, hanya berkebun. Satu hal yg memang aneh masa sekarang. Ini air sebenarnya bisa minum, dengan syarat asal masuk gak omong-omong dulu. Kalau ngomong asin, itu dulu,” ujar Chris.

Menyadari kalau gua miliknya disukai wisatawan, Chris pun membuka tanah miliknya untuk dikunjungi. Itulah sedikit kisah dan mitos tentang Gua Kristal atau Gua Amnesi di Kupang. Terlepas dari kebenarannya, gua ini memang begitu indah untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons