Tsunami Anyer dan Informasi Untuk Traveler

Populerberita.com – Bencana Tsunami Anyer yang telah mendera kawasan pantai di pesisir Banten dan Lampung. Ini yang traveler mesti tahu supaya waspada.

Bencana alam kembali mengagetkan dunia pariwisata. Kali ini ada tsunami di Anyer yang terjadi di awal musim liburan akhir tahun menjelang Natal dan Tahun Baru.

Tentu sudah banyak traveler yang liburan atau akan pergi ke kawasan itu. Bencana ini tentu membuat traveler bertanya-tanya.

Semua pihak terkait tentu langsung fokus untuk tanggap bencana. Untuk para wisatawan berikut himpunan yang terupdate dan apa saja informasi yang perlu diketahui traveler.

Bencana Tsunami Anyer yang Datang Tiba-tiba

– Apa yang sebenarnya terjadi

Tsunami terjadi Sabtu (22/12) malam di sejumlah titik pantai di Banten dan Lampung. Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, saat jumpa pers di Gedung BMKG, Jakarta, Minggu (23/12) mengatakan tinggi gelombang tsunami yaitu sekitar 90 cm sampai 1 meter.

Karena malam hari, tentu penglihatan warga dan wisatawan di lokasi sangat terbatas. Tsumani Anyer diduga akibat aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

– Daerah terdampak

BNPB menyebutkan daerah terdampak tsunami Anyer ini meliputi Serang, Pandeglang dan juga Tanjung Lesung. Di sisi Lampung, bencana tsunami juga mendera kawasan Lampung Selatan.

Bencana Tsunami Anyer
Bencana Tsunami Anyer

– Data korban terkini

Hingga 23 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, data sementara jumlah korban dari bencana tsunami di Selat Sunda tercatat 43 orang meninggal dunia, 584 orang luka-luka dan 2 orang hilang. Ini adalah data terbaru yang diungkap Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

– Apa yang mesti dilakukan wisatawan?

Ada kerusakan, korban jiwa, luka-luka dan hilang di kawasan tersebut termasuk korban dari konser band Seventeen. Jika traveler berencana liburan panjang di sana, ada baiknya dibatalkan jika sempat atau sangat hati-hati jika pergi karena pantai pun rusak dalam pantauan detikcom pagi ini.

Jika Anda berada di sana, segera beritahu keluarga dan kerabat jika dalam kondisi baik-baik saja. Segera cari tahu info terkini dari pihak hotel dan aparat berwenang terkait cara untuk pulang atau menjauh dari lokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons