Jokowi Vs Prabowo Mana Yang Lebih Sering Dibicarakan di Medsos?

Populerberita.com – Jokowi Vs Prabowo, PoliticaWave menganalisis percakapan netizen mengenai pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Siapa yang lebih sering dibicarakan warga internet.

“Berdasarkan hasil pantauan PoliticaWave di media sosial selama periode 6-13 Desember 2018, terdapat 1.162.192 percakapan di media sosial terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga. Jumlah percakapan dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma’ruf sebesar 739.206 (63,6%) percakapan, sementara Prabowo-Sandiaga meraih jumlah percakapan sebesar 422.986 (36,4%),” kata Head of Analyst PoliticaWave, Nadia Shabilla dalam keterangannya hari Jumat 14 Desember 2018, Jokowi Vs Prabowo.

Platform PoliticaWave kemudian melakukan analisa sentimen terhadap percakapan dari netizen. Dari survey pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih persentase percakapan positif sebesar 46%, percakapan negatif sebesar 28% dan percakapan netral sebesar 26%.

Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga meraih persentase percakapan positif sebesar 33%, percakapan negatif sebesar 12% dan percakapan netral sebesar 55%.

Dari analisa sentimen, Nabila menyebut ada perbedaan strategi komunikasi antara kedua pasangan. Begini gambarannya.

Jokowi Vs Prabowo Lebih Unggul Pasangan Mana Di Media Sosial

“Pendukung Jokowi-Ma’ruf di media sosial lebih gencar dalam mengomunikasikan isu positif terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf dan tidak terlalu mengomunikasikan isu negatif terkait pasangan Prabowo-Sandi. Sementara para pendukung Prabowo-Sandi lebih banyak mengomunikasikan isu negatif pasangan Jokowi-Ma’ruf daripada mengomunikasikan isu positif dari pasangan Prabowo-Sandi,” sebutnya.

Nadia mengatakan, sepanjang periode 6-13 Desember 2018, terdapat peristiwa menarik yang memicu sentimen positif publik terhadap pasangan Jokowi-Ma’ruf. Salah satunya, yaitu momen kebersamaan Jokowi dengan keluarga di Istana Bogor yang diramaikan oleh tagar #JokowiKeluargaHarmonis. Terpantau oleh PoliticaWave bahwa momen kebersamaan ini menjadi topik menarik untuk dibahas dari 8-13 Desember 2018.

Jokowi-Ma’ruf dan prabowo-sandi
Jokowi-Ma’ruf dan prabowo-sandi

Beranjak ke percakapan positif terkait pasangan Prabowo-Sandiaga. Pada periode yang sama, Nadia menyebut ada beberapa pemicu percakapan positif terkait Prabowo-Sandi, di antaranya ialah gerakan dukungan dari relawan Partai Emak-Emak Pendukung Prabowo-Sandi di sejumlah daerah di Indonesia.

“Kelompok relawan ini disebut melakukan aksi sosialisasi dukungan dengan cara keliling beberapa daerah seperti Pasuruan, Serang, Tangerang dan Banyuwangi.

Sementara pembicaraan negatif yang terkait pasangan ini dipicu oleh aksi dari prabowo mengenai kecaman kepada wartawan dan media. Didalam melakukan analisis media sosial, PoliticaWave mengaku telah melakukan filter dan mengeluarkan akun-akun bot.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons