NASA InSight Merekam Hembusan Angin Di Mars

Populerberita.com – Badan antariksa Amerika Serikat yakni NASA baru-baru ini mendapatkan informasi dari robot mereka yang telah mendarat di Mars. Robot dengan nama InSight itu menangkap suara angin di Mars untuk pertama kalinya.

Embusan angin terekam di atas panel surya InSight yang telah dikirim dari Bumi pada 16 November lalu.

Jet Propulsion Laboratory merilis klip audio dari angin ‘alien’ pada Jumat. Suara gemuruh frekuensi rendah dikumpulkan oleh robot pendarat InSight selama minggu pertama operasi di Mars.

Dua sensor yang disematkan pada InSight mencatat getaran berupa perbedaan tekanan udara di dalam pesawat antariksa dan seismometer di dalamnya.

Para ilmuwan yang terlibat dalam proyek ini setuju bahwa suara tersebut memiliki kualitas “dunia lain”.

NASA - InSight
NASA – InSight

Rekaman embusan angin merupakan data lima belas menit pertama yang berasal dari seismometer dalam waktu singkat, ucap Thomas Pike selaku pimpinan peneliti Imperial College London disela konferensi media.

Thomas Pike mengilustrasikan suara embusan angin yang terekam laiknya bendera yang melambai. Bahkan, ia mengibaratkan embusan tersebut seperti halnya suara yang berembus dari dunia lain.

Suara bising ialah angin yang bertiup di panel surya InSight dan getaran yang dihasilkan dari seluruh pesawat ruang angkasa. Suara-suara itu direkam oleh sensor tekanan udara di dalam robot yang merupakan bagian dari stasiun cuaca serta seismometer di dek pesawat ruang angkasa.

Kemajuan Yang Signifikan Setelah InSight NASA Mendarat Di Mars

Kabarnya frekuensi rendah adalah hasil dari kepadatan udara tipis Mars. Seismometer akan dipindahkan ke permukaan Mars dalam beberapa minggu mendatang. Sampai saat itu, tim berencana untuk merekam lebih banyak suara angin, serta seismometer di dek pesawat ruang angkasa.

Bruce Banerdt selaku tim penyelidik utama InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA di California mengatakan InSight berhasil merasakan angin yang bergerak dari barat laut ke tenggara sekitar pukul 5 sore waktu setempat.

Berbeda dengan misi lain-nya InSight dikirim untuk mempelajari isi perut Mars yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Instrumen seismologi disematkan untuk mendeteksi potensi gempa dan mengukur panas yang berasal dari kerak planet.

Sebelumnya pesawat antariksa bernama Viking 1 dan 2 milik NASA juga pernah mencatat adanya sinyal angin Mars ketika mendarat pada tahun 1976. Bedanya adalah kecepatan embusan angin yang saat itu tercatat lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons