Pulau Komodo Direncanakan Akan Naik Harga Untuk Turis

Populerberita.com – Isu kenaikan tiket masuk ke Pulau Komodo sebesar USD 500 terus jadi perbincangan. Begini tanggapan warga asli Labuan Bajo.

Pemprov NTT rencananya akan menaikkan harga tiket masuk untuk ke Pulau Komodo yang mana merupakan bagian Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo yang letaknya berada di NTT. Harga tiketnya saat ini sudah akan mencapai sekitar 500 dollar untuk turis mancanegara dan sekitar USD 100 untuk wisatawan domestik.

Namun perlu perlu kita ketahui juga kenaikan harga tiket masuk itu masih sebatas wacana. Dikarenakan butuh regulasi dan juga kewenangan dari berbagai belah pihak, baik itu dari Pemprov NTT, juga dari pihak Taman Nasional Komodo sampai dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pariwisata.

Bagaimanakah tanggapan langsung dari warga asli Labuan Bajo itu sendiri? Berikut ungkapan dari warga asli Labuan Bajo.

“Kami tidak setuju jika harga tiketnya dinaikan hingga sebesar USD 500. Terlalu mahal itu,” tegas dari salah seorang pria asli Labuan Bajo yang tidak ingin disebutkan namanya kepada media pada hari Sabtu 8 Desember 2018.

Pemerintah Harus Segera Menyelesaikan Isu Kenaikan harga Tiket Masuk Pulau Komodo

Dia juga menambahkan harga tiket yang akan direncanakan naik bagi turis mancanegara dan wisatawan domestik dianggapnya sudah terlalu mahal. Bukan tanpa sebab juga bisa jadi nantinya akan membuat turis enggan datang, lalu akan menjadi tempat wisata yang sepi pengunjung.

“Sekarang itu, pariwisata tersebut sudah menjadi mata pencaharian utama dari para warga Labuan Bajo dan juga Pulau Komodo. Ada yang dari menyewakan kapal-kapal, lalu ada juga yang menjadi tour guide, atau ada yang menjadi pengrajin suvenir, ranger di taman nasional dan menyewakan homestay. Kalau tidak ada wisatawan yang datang, ya matilah pariwisata dan mata pencaharian kita,” paparnya.

Dia berharap, ada baiknya Pemprov NTT mengkaji ulang wacana kenaikan tiket tersebut. Selama ini, habitat komodo di Taman Nasional Komodo juga baik-baik saja.

“Alasan kenaikan harga tiketnya untuk pelestarian komodo juga tidak jelas. Taman Nasional Komodo baik-baik saja,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Show Buttons
Hide Buttons